Sabtu, 07 Juli 2012

Awal Mula Tentang Perangkat Lunak Komputer


  Software adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya menjalankan aplikasi. Memutar fitur. Dan masih banyak lagi. Software dirancang untuk kebutuhan pengguna Komputer. Seperti contoh Sistem operasi. Perangkat telepon. Perangkat kamera. Perangkat flash disk. Dan lain sebagainya. Ada beberapa proses yang mesti dilalui dalam membuat software. Dari awal hingga akhir proses.

  Awalnya, sang programmer menciptakan kode-kode konstruksi untuk aplikasi file mereka. Dan membuat file untuk aplikasi yang akan dibuat. Pada Sistem operasi. Menggunakan teknik yang sangat sukar. Tapi membahayakan jika terjadi kesalahan. Dan memerlukan proses bertahun-tahun lamanya. Menciptakan kode konstruksi. Membuat file yang dibutuhkan. Dan terakhir percobaan. Sistem operasi tidak menggunakan aplikasi tambahan. Melainkan buatan sang pencipta Sistem operasi itu sendiri. pada aplikasi yang bukan Sistem operasi. Menggunakan aplikasi tambahan. Seperti Macromedia. Adobe. Dan Illustrator. Sedangkan suaranya. Menggunakan software sound. Sound effects. Music effects. Termasuk fitur-fitur tambahan. Setelahnya. Membuat file registry. Dan mencocokkan kebenaran registry dengan hasil instalasi. Dan berakhir dengan suksesnya pemrogaman. Tapi itu hanya dilakukan oleh professional. Sedangkan pemula tidak menguasai pemrogaman tersebut.

  Setelah pembuatan aplikasi selesai. Kemudian tester memeriksa bug. Apakah ada bug yang masih bisa diperbaiki atau tidak. Dan baru akan diperbaiki pada versi aplikasi berikutnya yang bersangkutan. Jika ada yang bisa diperbaiki. Maka akan diperbaiki. Begitu pula sebaliknya. Dan aplikasi sudah dapat dicoba oleh pemakai Komputer. Dan menantikan versi selanjutnya.

  Fungsi dari salah satu fitur aplikasi yang sudah dibuat. Nantinya beragam jika anda mengklik tombol yang ada di aplikasi. Lengkap dengan shortcut key. Biasanya. Menggunakan keyboard agak sulit harus menghafal ketimbang memakai mouse. Fitur-fitur baru bermunculan seiring pengembangan. Dan anda dapat merasakan aplikasi dengan fitur-fitur yang ada. Dan masih baru.

  Aplikasi bukan hanya Sistem operasi saja. Melainkan game. Pengolah gambar. Pengolah suara. Pengolah grafis. Pengolah kata. Pengolah data. Dan lain-lain demi penunjang bermain Komputer. Selain itu. Dibuat juga driver untuk perangkat keras yang dibutuhkan agar performa Komputer jadi lebih cepat dan lebih memuaskan pemakai Komputernya. Dan tidak kalah penting. Setiap aplikasi memiliki setting yang bisa anda ubah. Ada setting berbahaya yang harus diwaspadai jika anda mengubahnya. Ada settingan yang bisa anda ubah tanpa berbahaya. Dan oh ya. Aplikasi yang anda instalasi. Memerlukan Sistem requirement. Yaitu kecocokan antara aplikasi dengan Komputer anda.

  Anda harus membaca readme jika ingin menginstal aplikasi. Agar tidak terjadi kesalahan saat instalasi berjalan. Dan anda melihatnya nanti saat diinstalasi. Aplikasi yang tidak Kompatibel disebabkan konflik antara aplikasi belum dicoba (Versi beta) dengan Komputer anda. Atau perlu spesifikasi lebih tinggi dari spesifikasi Komputer anda. Terpaksa anda mencari aplikasi yang versinya lebih bawah. Atau tidak menggunakan aplikasi tersebut.

  Begitu juga untuk aplikasi selain untuk Komputer. Flash disk sudah ada file system yang sudah tersedia. Tinggal colok dan beres. Dan anda dapat mencoba menggunakannya sesuka hati. Asal sudah mengaktifkan USB di BIOS anda. Jika Windows di bawah Windows XP. Instalasi dahulu CD Driver Flash Disk anda. Baru bisa dijalankan. Begitu juga perangkat keras yang lain-lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar