Sabtu, 07 Juli 2012

Sekilas Antivirus. Worm. Virus. Trojan. Dan Solusinya


  Antivirus adalah sebuah aplikasi yang berguna melindungi dan memproteksi Komputer anda dari virus jahat. Tapi tahukah anda. Pabila Antivirus ternyata dapat membuat virus lebih banyak di Komputer anda ?

  Awalnya. Setiap antivirus memiliki cara penginstalan yang berbeda. Ada pula cara penginstalan yang lebih mudah. Ada pula cara penginstalan tingkat lanjut. Dan masih banyak lagi. Di tengah-tengah antivirus mencari update di internet. Baru siap di pasang. Setelah terpasang. Antivirus akan langsung dijalankan dengan scanning file terlebih dahulu menemukan virus baru dan juga penganggu lainnya. Setelah file virus ketemu. Antivirus meminta update database virus tersebut ke internet melalui situs resminya. Yang membuat masalah adalah ukuran update virus yang tinggi. Setelah terpasang update. Masih kena virus juga. Masalah update paling sering diderita dan dialami oleh pemakai Komputer antivirus mereka. Kemudian menyecan lagi mencari virus yang masih tersisa. Virus minimal dapat membuat kesal, sedangkan maksimal menghancurkan semua data yang ada di Komputer anda. Beban resource yang sangat berat. Dan membutuhkan spesifikasi Komputer yang cukup tinggi. Antivirus yang kini beredar. Telah terpasang fitur auto protector virus. Yang berguna melindungi Komputer dari virus. Tapi Antivirus dianggap pemakai Komputer. Melambatkan kinerja Komputer, menambah banyak virus. Dan masih banyak lagi. Sehingga pengguna Komputer enggan memakai antivirus yang teramat penting.

  Anda dapat melihat sekilas 5 antivirus terpopuler berdasarkan tingkat kesalahan masing-masing. Lengkap dengan keterangan singkat berikut ini.

  1. SMADAV
Anda simak kembali dua bahasan artikel tentang Smadav yang membawa virus. Cara kerja Virus smadav. Sumber virus shortcut sampai Ariyanda tuliskan di sini adalah dari System32. bagian aplikasi CMD. Ini berarti Smadav telah salah melakukan pemrogaman antivirus ini. Dan bagian lainnya. Aplikasi system tray dianggap sebagai virus. Sama saja Smadav menakut-nakuti dengan “menuduh.” Aplikasi tray desktop dengan virus.
  1. AVIRA
Avira adalah antivirus yang sama-sama melindungi dari virus. Kesalahan yang saya temukan semenjak menggunakan antivirus ini adalah keygen yang dianggap antivirus avira sebagai virus. Tampilan membosankan. Karena didominasi warna merah yang monoton.
  1. ARTAV
Ini adalah antivirus buatan lokal. Cuma kelemahannya adalah tidak mendeteksi banyak file bervirus. Masih dalam pengembangan. Tampilan bahasa Indonesia baik. Namun tampilan pada latar belakang antivirus ini menjemukan.
  1. AVG Antivirus
AVG adalah antivirus buatan luar negeri. Tugasnya adalah melindungi Komputer dari virus. Dan Kelemahan dari antivirus AVG adalah performa melambat. Dan scanning file virus yang sangat lambat. Meskipun file dalam jumlah banyak dan menggeser drawer agar scanning menjadi lebih cepat.
  1. PCMAV
Ini adalah antivirus freeware. Kelemahannya adalah hanya dapat mendeteksi virus-virus berdasarkan database yang ada di notepad PCMAV. Dan jika anda ingin mengupdate virus baru langka. Anda harus mendownload di Internet. Demi update virus yang lebih lengkap. Tampilan kuning yang membosankan.

  Saat anda ingin berinternet. Anda diharuskan memakai antivirus. Tapi sayangnya. Banyak sekali pemakai Komputer dalam berinternet tidak memakai aplikasi yang penting. Dengan alasan. Dapat dinonaktifkan Trojan. Komputer jadi lebih lambat. Dan sebagainya. Antivirus di mata pengguna Komputer internet dianggapnya sebagai musuh performa. Selain virus. Ditemukan juga Trojan dan worm.

  Trojan adalah sejenis virus yang mengendalikan aplikasi dari jarak jauh dan dapat merusak data Komputer anda. Sedangkan worm lebih cerdas lagi. Merusak dan menghancurkan seluruh data di Komputer anda. Cara kerja Trojan adalah menyamar aplikasi. Dan menyusup. Saat anda masukin CD berisi file autorun.inf. maka file tersebut akan dimanfaatkan empuk oleh Trojan. Dan akan siap menginstal aplikasi tak bertuan di Komputer anda. Dan berakhir merusak data. Sedangkan worm. Mengandalkan file email attachment. Kemudian menginfeksi Komputer. Dan mencari data email di Kontak Komputer yang sudah terinfeksi. Setelahnya. Menyebarkan informasi data dari kontak email Komputer ke pengguna yang lain. Yang nantinya akan disebarkan lagi secara besar-besaran. Dan berakhir dengan menghancurkan Komputer anda seluruhnya.

  Program Remover untuk menghancurkan virus telah tersedia di Internet. Dan dapat anda unduh ke Komputer anda. Seperti Trojan remover. Virus Remover. Sampai saat ini. Belum ditemukan adanya Worm Remover. Jadi anda masih bisa bersabar. Solusi agar Komputer anda terbebas dari virus adalah sangat sederhana.

  1. Backup File anda dari Virus mengandalkan program backup.
  2. Rutinlah mencari tahu file bervirus di Komputer anda.
  3. Menyecan File Komputer anda sampai tuntas. Jika ditemukan virus langka. Silahkan anda kunjungi situs antivirus resminya guna mencari update terbaru.
  4. Nonaktifkan sesuatu yang menjadi sasaran empuk virus. Worm. Dan juga Trojan. Guna keamanan Komputer anda.
  5. Sebaiknya file autorun.inf. disembunyikan agar Trojan tidak dapat mengakses file inf tersebut oleh Trojan.
  6. Gunakan program remover yang ampuh mengusir Trojan. Dan virus dari Komputer anda. Dan terakhir.
  7. Jangan buka email attachment bervirus. Sebaiknya nonaktifkan pilihan file attachment virus lewat aplikasi email anda. Jika email tidak anda kenal. Jangan dibuka atau anda bisa telusuri berdasarkan tanggal. Dan nama filenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar