Rabu, 25 April 2012

Musik Tarling Cirebonan Memasyarakat

  Tarling adalah sejenis musik Indonesia. Musik tarling berirama dangdut. Kata-kata yang tersirat dalam musik tarling berisi kehidupan sehari-hari. Nasihat. Cinta. Sumpah cinta. Dan ajakan tuk bergoyang dengan lagu tarling. Di Pantura. Musik dangdut tarling sering diputar di Radio-radio. Di televisi. Pada televisi. Kita menyebutnya sebagai Radar Cirebon TV. Dengan acara unggulan. Yakni Tembang Pantura. Memutar video tarling cirebonan. Dan tak pernah ada di stasiun televisi manapun yang menyiarkan acara serupa.

  Soal lagu-lagu tarling. Ariyanda akan membahas lagu-lagu yang terkenal. Diantaranya adalah lagu Arjuna Ireng dari Dian Anic. Lanange Jagat dari Ini Darmini. Wadon Perkasa dari Aas Rolani. Keder Balike dari Diana Sastra. Dan masih banyak lagi. Lagu tersebut terkenal dan jadi ikon kota Cirebon. Lagu tersebut adalah Kota Cirebon dari Diana Sastra. Empal Gentong dari Nunung Alvi. Dan Sega Jamblang dari Ini Darmini. Lagu tarling yang dapat digunakan untuk musik dangdut panggung tarling. Dan tarling drama. Yakni Lanange Jagat. Pemuda Idaman. Dan masih banyak lagi.

  Soal penyanyi tarling. Ariyanda akan membahas Penyanyi yang sudah akrab. Dan sudah tentu ingat di telinga masyarakat kota Cirebon. Aas Rolani. Nunung Alvi. Diana Sastra. Dan masih banyak lagi. Dengan lagu-lagu yang menjadi andalan. Ariyanda suka dengan penyanyi Tarling karena lagunya sendiri. dan musiknya sendiri. cukup enak dan nada-nadanya sendiri seperti musik dangdut.

  Musik tarling. Ada yang berupa drama tarling. Yang dimana sinden menyanyikan lagu sesuai dengan judul yang dibawakan. Ada yang tarling kepak. Berarti tarling dengan ritmik koplo yang berada di gendang. Ada juga yang tarling biasa. Ada juga yang tarling tengdung. Memakai irama musik gamelan. Dan dicampur musik tarling. Semua musik itu diharapkan menghibur masyarakat kota Cirebon. Pada pesta besar. Musik tarling adalah satu yang wajib. Jika ini tidak ada. Musik tarling tak akan meriah pestanya.

  Di Jawa Tengah. Musik tarling sudah dikenal. Dan diputar lewat radio-radio yang tersebar di seluruh pelosok Jawa Tengah. Di bagian acara Tarling. Atau apalah namanya. Saya dari dahulu pernah mendengarkan lagu tarling di Radio Satria FM 90.0 FM. Dan saya teringat terus akan lagu-lagu tarling. Waw. Memukau. Tapi enak didengar.

  Sekarang ini. Penyanyi tarling membuat album baru. Dengan jenis musik yang penyanyi tarling inginkan. Dan diharapkan album baru tersebut dapat meledak di pasaran. Saya harapkan musik tarling dapat diakui dunia. Dan tak pernah ada di Negara lain. Semoga harapan itu dapat terwujud kelak. Kita tunggu saja nanti. Perkembangan musik tarling di Cirebon. Semoga berjalan mulus dan baik perkembangannya. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar