Sabtu, 07 Juli 2012

Tentang Rubrik Puisi


  Puisi adalah sebuah karangan dari sang penulis puisi atau dijuluki sebagai puitis. Puisi biasanya temanya beragam berdasarkan keinginan hati sang puitis. Seperti tema pendidikan. Tema sosial. Tema percintaan. Perasaan hati. Dan tema politik. Tapi sekarang ini. Banyak majalah dan Koran sudah menyiapkan Rubrik puisi untuk menambah lengkap Rubrik beritanya.

  Awalnya, sebelum membuat puisi. Sang penulis mencari kata-kata bermakna kias. Setelah kata kiasan itu ketemu. Barulah ditulis puisinya. Dan memperbaiki kata-kata puisi yang terkesan tidak bagus menjadi lebih bagus. Dan diharapkan karya sang penulis puisi dapat dikenang oleh siapa yang melihat maupun yang mendengarkan. Sayang sekali. Acara puisi di stasiun televisi belum menyiapkan Rubrik puisi pada salah satu acara mereka.

  Meskipun begitu. Kehadiran puisi di stasiun penyiar dapat menambah hiburan yang istimewa. Berwawasan. Dan penuh inspirasi. Banyak pemirsa televisi memerlukan hiburan yang berupa puisi. Dan diharapkan puisi disiarkan di stasiun televisi Indonesia mau menyiarkannya. Meski itu perlu waktu.

  Puisi dapat diibaratkan sebagai tinta kertas bulu ayam. Dan menulis dalam sepatah kata-kata. Berdasarkan pengalaman sang penulis. Perasaan bisa dicurahkan dan bisa dituangkan. Mulai dari sedih. Senang. Gelisah. Bahkan sampai galau dituliskannya dalam sebuah puisi. Ada juga orang yang bilang. Dengan menulis puisi kepada pasangan sejatinya. Dapat terketuk pintu hatinya untuk lebih mencintai dan menyayangi pasangannya. Selain tentang perasaan. Diluar perasaan seperti kehidupan para pejabat. Pemerintahan. Keadaan alam. Bisa digambarkan dalam puisi.

  Menghibur diri melalui satu puisi. Tidak ada salahnya. Karena puisi melambangkan kehidupan manusia di dunia. Dan perasaan hati manusia. Dan temanya selalu berbeda dari edisi ke edisi lain. Menulis puisi mudah tapi sukar. Jika anda senang. Bisa berpuisi. Begitupun anda sedih. Berpuisi juga. Puisi seperti dalam lagu kata. Banyak penyanyi di Indonesia dan Luar Negeri menggunakan puisi untuk karya lagu mereka. Dari itu. Cobalah karang puisi semenarik mungkin dan timbul kesan bagi yang melihat dan mendengarkan. Agar orang lain dapat tahu karya puisi anda yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar