Sabtu, 28 April 2012

Virus Shortcut Dari Satu Sampai Empat

   Anda masih ingat dengan pembahasan artikel utama. Tentang Smadav yang membawa virus ? kali ini Ariyanda akan membahas lebih jauh lagi. Dan lebih mendalam. Bagaimana virus shortcut dari satu sampai dengan empat bekas smadav itu ada dan itu gerogoti flash disk dan MMC anda.

  Sekarang ini. Virus shortcut merajalela, dan mengancam pengguna media simpan eksternal. Termasuk MMC dan Flash Disk. Satu sampai dengan empat. Bagi Ariyanda itu sudah biasa dan menjadi kebiasaan rutin. Termasuk virus shortcut bekasnya smadav itu sendiri. cara kerjanya adalah saat anda memasukan flash disk anda ke port USB. Dan semenit kemudian muncul tamu yang tak diduga. Virus shortcut. Begitu dihapus masih ada lagi. Begitu di format yang awalnya backup dulu. Dan muncul lagi. Sama saja membuat kesal. Ariyanda duga Command Prompt adalah aplikasi yang dapat menjalankan script yang ngawur. Seharusnya pihak Microsoft sendiri tak perlu menyisipkan aplikasi ini. Karena akan menyebarkan virus shortcut secara besar-besaran. Membuat Komputer melambat. Tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan aplikasi Command Prompt.

  Meskipun penting. Tapi selebihnya tak terlalu berguna. Masih ada pengguna aplikasi Komputer yang memakai aplikasi sejenis yang lain. Entah apalah namanya. Ariyanda mengharapkan lagi Windows berikutnya jangan sisipi aplikasi Command Prompt. Tapi itu membuat Dilemma itu sendiri. menyusahkan. Tak ada jalan lain selain memakai aplikasi tersebut.

  Kembali ke bahasan virus shortcut. Berasal dari sebuah file namanya “Cmd.” Yang terdapat di folder system32. virus shortcut dapat menyebar dengan mengandalkan aplikasi yang terdapat di folder tersebut. Mengembangbiakan. Dan mengkopi file recycler ke dalam folder Recycler. Dan lengkap bersama file autorun.inf. file ini membantu mulusnya file virus dan file recycler akan terus bertambah. Itu kalau aplikasi antivirusnya Smadav. Kalau virus shortcut murni. Berarti flash disk sudah masalah. Bad sector. Dan file system banyak yang cacat. Itu Cuma dugaan Ariyanda sendiri. tapi memang menakutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar