Rabu, 18 April 2012

Dosa Dosa Pada Perangkat Keras

   Anda yang setia dengan perangkat keras. Hardware. Dan anda mencoba menikmati perangkat keras yang anda punya. Dan tiba-tiba muncul bunyi beep yang memekakkan telinga dan kelopak telinga anda juga. Semuanya berawal dari perangkat keras.

  Motherboard alias papan induk adalah perangkat keras. Jika dibanting. Jika dirusak. Dan juga diubah chip bios atau melakukan kesalahan yang fatal. Tapi jika motherboard anda rusak karena kesalahan motherboard. Salah versi bios baru. Atau semacamnya. Hal ini dapat menjadi bencana. Karena motherboard adalah sumbangsih kehidupan komputer. Pesan kesalahan yang ditimbulkan oleh motherboard adalah dengan bunyi nada beep. Jika terus menerus mengeluarkan nada beep. Maka besar kemungkinan besar motherboard anda rusak. Kasus motherboard rusak semacam itu sering dialami pemakai PC itu sendiri. semuanya ditanggung manusia. Dan selebihnya ulah dari pada motherboard itu sendiri.

  Mouse dan Keyboard adalah bagian tubuh dari motherboard. Jika tidak ada nama. Tidak cocok dengan motherboard. Dan semacamnya. Dapat menjadi bencana bagi device PS/2. Padahal kedua jenis PS/2 tersebut (yang dimaksudkan sini adalah keyboard dan mouse). Adalah perangkat keras yang sangat penting demi penunjang bermain komputer. Jika ini tidak ada. Maka tidak bisa alias dapat bermain Komputer. Sangatlah merepotkan. Kerusakan keyboard dan mouse semuanya itu berawal dari kecerobohan manusia.

  Monitor adalah perangkat keras. Yang bertugas menampilkan visual pada layar monitor. Jika pin pada monitor ada yang tidak mengeluarkan warna. Maka monitor dikatakan bermasalah. Dan anda harus mencari pin mana yang bengkok atau masalah saat tidak mengeluarkan warna yang seharusnya. Kerusakan pada monitor adalah layar gelap. Tidak bisa menampilkan gambar dan video. Settingan refresh rate yang tidak sesuai. Dan semacamnya. Jika kerusakan ini terjadi pada monitor anda. Dapat berakibat bencana.

  Speaker adalah perangkat keras. Yang bertugas mengeluarkan suara yang ditugaskan oleh Chip mobo dan sound card. Jika driver tidak sesuai. Alias tidak ada drivernya. Suara kecil. Bass dan treble yang tidak pas. Dan kurang sesuai standar. Maka itu berakibat fatal. Kasus yang menimpa speaker adalah saat anda memutar lagu MP3 dengan volume maximum. Yang keluar adalah suara yang sangat kecil. Anda harus memerlukan driver. Tapi jika sudah memerlukan driver yang anda anggap benar. Tapi masih kecil suaranya. Semuanya itu berawal bug speaker itu sendiri. dan anda harus mencari tahu solusinya. Dengan terpaksa. Anda harus membeli dengan speaker yang baru.

  Kartu Grafis merupakan bagian dari komponen VGA. Selain VGA Onboard pada Motherboard. Saat anda memasang graphic card. Anda harus memasangnya sepas mungkin. Jika ada yang longgar. Maka kartu grafis anda tidak cocok dengan motherboard yang anda gunakan sekarang ini. Lagipula kartu grafis lebih cepat panas. Tergantung heatsink fan. Dan cara mendinginkannya. Jika langkah mendinginkan kartu grafis dilakukan dengan benar. Maka anda akan nyaman saat anda membuka aplikasi permainan berukuran besar. Tapi kasus tertentu graphic card lebih sering tidak beraksi. Karena blue screen. Yang menyuruh anda mencopot graphic card. Atau memeriksa graphic card. Dan semacamnya. Jika ini diulang terus menerus. Anda akan repot nantinya. Karena tidak sabar. Graphic card ditukar dengan yang baru. Tapi masalahnya. Jika ini terulang kembali. Anda akan menanggung akibat. Dan menanggung kerepotan yang ditimbulkan oleh Graphic Card anda.

   DVD Rom Drive dan CD Rom Drive adalah perangkat keras untuk membaca. Dan menulis juga sekaligus membakar data anda. Tapi kasus yang menimpa DVD Rom Drive adalah saat anda akan mencoba memutar video DVD. Dan anda diberi kesempatan region 5 kali untuk melakukan perubahan. Jika sampai region 1. maka tidak akan diputar lagi video DVD anda. Betapa kecewa anda begitu region sudah sampai 1. dan ingin menonton lagi. Malah anda yang merepotkan. Lain halnya dengan CD Rom drive. Tapi kesalahan alias dosanya adalah jika driver ASPI anda tidak cocok. Alias menolak bekerjasama dengan program pembakar. Anda harus memerlukan driver ASPI. Begitu CD dan DVD Rom Drive anda lensanya lemah. Tidak bisa membaca file yang ada di CD dan DVD. Maka kecepatannya akan melambat. Dan file yang anda simpan di CD dan juga DVD akan terbaca kosong alias hampa. Itu sering terjadi. Saat anda menyalin lagu MP3 ke dalam hard disk. Maka pesan kesalahan. Yang menyatakan lagu tak dapat disalin ke Hard disk. “Error Copying. Cyclic Redundancy Check.” Semuanya berawal dari CD dan DVD Rom Drive. Juga CD anda sendiri.

  Hard disk adalah komponen penting dalam Komputer. Bising sudah biasa. Tapi jika terdengar nose sampai di telinga anda ? anda harus memakai pendingin hard disk. Kasus yang menimpa hard disk adalah rusak sudah pasti. Tapi menakutkan. File crash. Terbaca berantakan. Tidak rapi. Sistem operasi masalah. Kesalahan program. Dan semacamnya itulah yang paling ditakuti oleh pemakai PC sendiri. yang paling mimpi buruk adalah saat kebakaran. Hard Disk Komputer anda juga akan ikut kebakar. Makanya untuk menyelamatkan datanya yang penting. Anda harus dan rela membawa Hard Disk ke Ontrack. Untuk menyelamatkan data penting dengan biaya yang tinggi. Hard disk anda kena formatan teman anda ? pada Sistem operasi tertentu. Tidak ada fitur unformatted. Jadi anda harus melakukannya sendiri. atau membawa ke tukang reparasi hard disk yang ahli dan berpengalaman. Itu sudah jelas menakut-nakuti pemakai Komputer itu sendiri.

  Pada floppy disk. Floppy disk sangat diperlukan jika suatu saat Sistem operasi anda tidak bisa berjalan semestinya. Alias rusak. Lengkap dengan file system. Jika floppy disk anda rusak cacat tidak dapat digunakan. Padahal Sistem operasi anda bermasalah. Tentu akan merepotkan anda sendiri. dengan terpaksa memakai CD Windows.

  Yang terakhir adalah Flash Disk. Termasuk perangkat keras eksternal. Fungsinya menyimpan data. Dan sebagai system boot. Jika flash disk anda kena virus. Maka flash disk tersebut kena infeksi. Dan jika flash disk anda bermasalah. Meskipun anda memakai Windows yang Baru. Itu bukan karena Windows baru. Melainkan dari setting bios. Yang berkenaan dengan Flash disk. Anda harus mengkonfigurasi dari sana. Maksudnya dari bios. Sampai benar semuanya.

  Dosa-dosa yang dilakukan perangkat keras adalah sangat sederhana namun menakutkan bagi pemakai Komputer. Pertama hard disk anda tertukar datanya. Sehingga data anda akan musnah semuanya dalam waktu seketika. Masalah yang ditimbulkan hard disk anda adalah crash. Tidak sengaja di format teman. Dan semacamnya. Kedua pada Motherboard. Jika bios yang anda pakai error. Maka kemungkinan besar motherboard anda tidak bisa berjalan dan harus menukar lagi dengan yang baru. Ketiga DVD atau CD Rom Drive anda tidak mendeteksi CD dan DVD yang anda masukkan. Dan meminta untuk mencoba keping CD dan DVD yang lainnya. Konflik dengan software burner. Keempat adalah kartu grafis anda bermasalah. Alias protector error. Yang (atau) mengharuskan anda Restart computer. Padahal kartu grafis anda tidak bermasalah dengan PC yang anda gunakan. Dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan perangkat keras.

  Solusinya sederhana tapi memakan waktu. Pertama memeriksa hard disk anda. Dan perangkat keras yang dianggap anda bermasalah. Memasang kipas pendingin. Tidak terlalu sering format flash disk dan floppy disk. Kecuali jika kena virus. CD Dan DVD Rom Drive anda wajib dan kudu membaca CD dan DVD yang anda masukan. Bekerjasama dengan software burner. Driver ASPI yang cocok. Kartu grafis diperiksa ukuran dan resolusi yang tepat untuk layar monitor. Memakai pendingin graphic card. Dan masih banyak lagi. Karena masalah hardware terlalu dan sangat banyak sekali. Dan tak dapat Ariyanda jelaskan. Jika suatu saat perangkat keras Komputer anda masalah. Misalnya masalahnya berat sekali. Jangan lakukan sendiri. bersama dengan ahli yang berpengalaman. Kalau masalah ringan. Cobalah anda lakukan sendiri. anda pasti dan dapat melakukannya. Membaca buku teknologi. Yang menjelaskan solusi atas masalah perangkat keras anda. Dan cara-caranya sudah diterangkan dalam buku. Baik PDF. Help. Dan Buku teknologi anda sendiri. ke forum diskusi. Dan sebagainya. Dosa-dosa pada perangkat keras seharusnya jadi pelajaran pemakai Komputer. Dan juga produsen hardware. Dan harus datang dan segera jika suatu saat hardware bermasalah. Carilah solusi. Seperti bios baru. Driver baru. Dan semacamnya agar hardware dapat berjalan semestinya tanpa dosa yang menghantui penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar