Rabu, 18 April 2012

Pesan Kesalahan Yang Menakutkan

  Anda yang setia bermain Komputer milik sendiri dan tiba-tiba ada pesan kesalahan yang tak di undang di Komputer anda ? semuanya itu berawal dari kekeliruan perangkat keras dan perangkat lunak itu sendiri. Anda yang panik habis-habisan. Mau bagaimana lagi agar pesan kesalahan yang anda dapatkan tidak muncul lagi di hari kemudian.

  Misalnya pesan kesalahan dengan kode. Anda diminta untuk membawa aplikasi yang keliru itu alias salah ke Website Microsoft dan mengembangkan agar nantinya baik kembali. Ternyata data anda yang ikut di transfer tanpa permisi. Dan pesan kesalahan yang bukan dengan kode. Contoh singkatnya sederhana. Software anda telah rusak alias cacat. Dan meminta anda untuk instalasi kembali perangkat lunaknya. Itu membantu tapi dari segi waktu. Memerlukan waktu yang cukup lama. Dan tentu menguras habis waktu juga tenaga anda.

  Kesalahan dalam mengkopi CD MP3 anda. yang berakibat fatal. Seperti dalam pesan kesalahan Cyclic Redundancy Check. Anda harus memeriksa dan memastikan CD MP3 agar terbebas dari kecacatan. Padahal CD MP3 anda termasuk favorit. Harapan untuk mengkopi CD setengahnya dari harapan. Semua lagu yang ada di CD Tak bisa jalan tak bisa dikopi. Semuanya karena CD itu telah diproteksi. Agar tidak semua file tersalin di Komputer anda. Atau bisa jadi yang lainnya. Solusinya sederhana. Gunakan CD Bebas cacat. Tapi bermerek terkenal.

  Begitu juga saat anda menyalin alias backup dari ponsel menuju komputer anda. Yang ditemui adalah kegagalan saat mengkopi file yang sekian banyak. Atau file anda sudah cacat. Atau ada unsur kesengajaan. Bisa juga karena virus. Worm. Dan Trojan. Itu bukanlah masalah yang baru. Masalah lama. Tapi memang menakutkan bagi penggunanya. Semuanya berawal dari kesalahan yang termasuk dosa. Termasuk dosa pada aplikasi. Perangkat komunikasi. Dan perangkat yang anda punya kini.

  Perangkat keras yang error akan muncul pesan kesalahan di layar PC anda. Contoh sederhana toner anda tidak terdeteksi. Printer bermasalah. Scanner error. Driver tidak ditemukan, dan lain semacamnya. Anda harus memeriksanya semuanya sampai titik henti. Karena tidak ada solusi dan jalan yang membantu. Terpaksa instalasi ulang Windows anda atau device yang anda punya dan pakai.

  Pesan kesalahan tidak selamanya indah. Tapi menakutkan. Bukanlah cerita baru dan klasik. Tapi sebenarnya intimidasi. Anda harus mempunyai cara untuk memperbaiki agar pesan yang salah tersebut tidak muncul lagi. Atau memanggil teknisi. Solusi atas pesan kesalahan tersebut sangat sederhana yang orang terutama pemakai perangkat keras dan lunak lakukan. Pertama periksa file driver. File windows. File system. File audio. File video. Atau file yang dianggap menjadi biang keladi pesan kesalahan. Memeriksa perangkat keras. Perangkat lunak. CD atau DVD yang anda punya. Kerusakan windows anda seberapa parah atau masih sehat. Dan semacamnya. Dan saya sarankan. Jika pesan kesalahan dengan kode. Jangan gunakan perintah “Send error report.” Tapi langsung “Don’t Send.” Dengan cara sederhana Klik kanan My Computer. Kemudian Advanced. Klik error reporting. Kemudian disable error reporting. Lantas klik OK. Periksa file registry anda. Ukuran aplikasi. Dan semacamnya. Dan anda dapat mengikuti milis forum diskusi mengenai masalah yang anda alami. Terutama pesan kesalahan. Atau mengunjungi situs Sistem operasi yang anda gunakan. Dan mencari solusinya. Rasanya solusinya itu membantu anda kiranya kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar