Rabu, 18 April 2012

Kebudayaan Indonesia

   Indonesia kaya akan ragam budaya dan etnis. Mulai dari budaya tradisional. Sampai dengan budaya modern. Di masa kejayaan kebudayaan di Indonesia. Kita mengenal batik sebagai kain yang sangat terpopuler. Tenarnya batik sampai dikenal di Mancanegara adalah karena motif dan corak yang menarik perhatian siapa saja yang melihat, mencoba memakai kain batik, dan juga merasakan kain batik saat dipakai. Ternyata. Menurut orang yang memakai kain batik. Kain tersebut dapat menyerap keringat. Karena memakai bahan-bahan yang tipis. Sehingga tidak terlalu ketat seperti baju kantoran. Saat pencetakan motif batik. Ada yang memakai pewarna tambahan. Ada juga yang memakai pewarna alami yang dapat diambil dari alam. Yang dapat menghasilkan karya seni kain batik berkualitas tinggi. Dan Kain Batik tersebut bisa diekspor ke berbagai luar negeri. Termasuk Amerika. Dan Di Amerika itu pula. Banyak orang yang sekedar mencari kain batik dari Indonesia. Karena peminat akan kain batik tersebut semakin banyak. Ini membuktikan bahwa kejayaan batik seakan-akan tiada matinya.

   Selain batik, rumah adat juga termasuk ke dalam kebudayaan asli Indonesia. Di Jawa terdapat rumah adat seperti Rumah Joglo. Dan Pada Kota Jakarta. Kita sering menyebut rumah adat Betawi. Dan pada Sumatera terdapat rumah adat Gadang. Dan rumah adat Minang. Begitu juga untuk daerah yang lain. Meskipun terkesan tradisional. Tetapi tetap ada sampai dengan sekarang ini. Dengan beraneka bentuk dan rupa pada rumah adat. Sebagai tanda perbedaan antara rumah adat di daerah satu dengan rumah adat lainnya. Semua bermakna perbedaan.

   Selain rumah adat, juga ada lagu daerah yang berbeda-beda. Pada daerah Jawa misalnya. Kita kenal akan lagu Gambang Suling, Bubuy Bulan, Lir Ilir, Dan lain-lain. Pada kota Jakarta. Kita kenal dengan lagu yang sangat tradisional sekali. Seperti contoh Jali-Jali. Begitu pula untuk lagu daerah pada daerah yang lain. Setiap lagu daerah memiliki makna yang sangat kental di dalam kehidupan. Ada makna gembira secara mayoritasnya. Ada makna nasihat dalam suatu lagu daerah tersebut.

   Senjata tradisional di berbagai daerah pun berbeda-beda. Pada Daerah Istimewa Aceh. Kita sering kenal yang bernama Rencong. Dan pada Pulau Jawa. Kita sering kenal yang bernama Keris dan Pedang. Dan pada Papua. Kita sering kenal yang bernama Panahan. Senjata tradisional sering digunakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

   Alat Musik tradisional di berbagai daerah pun berbeda-beda juga. Pada Pulau Jawa. Kita kenal akan gendang. Dan juga Bonang. Dan Pada daerah lain. Kita kenal akan tifa yang dipukul dengan kedua tangan secara keras. Musik tradisional dimainkan saat ada perayaan yang spesial. Seperti kehadiran tamu Negara. Bupati. Pernikahan. Dan segalanya spesial. Untuk menghibur penonton di berbagai acara. Pada acara televisi. Kehadiran alat musik tradisional sangat didambakan oleh para stasiun penyiar di Indonesia. Untuk menghibur pemirsa di rumah dan penonton di studio dengan alat musik tradisional.

  Tarian adat tradisional di berbagai daerah Indonesia berbeda-beda. Kita sering menyebut tari piring. Tari Saman. Tari Gambyong. Dan masih banyak lagi tarian adat. Setiap tarian tradisional. Memiliki arti dan makna yang sangat kental.

  Pakaian adat di berbagai daerah Indonesia berbeda-beda. Pada Kota Jakarta.kita menyebutnya pakaian adat yang sering kita pakai untuk ajang Abang dan None. Dan Pada Sekitar Jawa. Kita menyebutnya sebagai pakaian pengantin. Begitu juga untuk daerah yang lain. Tapi pakaian adat yang berbeda. Semuanya bermakna perbedaan.

  Bahasa di berbagai daerah juga berbeda-beda. Pada Jawa. Kita sering mengenal Bahasa Jawa. Lengkap dengan Aksara Jawanya. Bahasa Sunda yang lengkap dengan Aksara Sundanya. Begitu juga untuk bahasa daerah yang lain. Semuanya memiliki makna yang mendalam. Bermakna kesatuan dan persatuan. Semuanya bermakna Perbedaan.

  Semboyan Negara Indonesia adalah walaupun beda-beda tetapi tetap satu jua. Itu semboyan yang sering kita kenal sejak dulu kala. Meskipun berbeda. Makna akan persatuan dan kesatuan akan Budaya di Indonesia. Akan tetap terasa. Jangan sampai ada perpecahan yang diakibatkan oleh perbedaan. Yang mengakibatkan saling benci satu sama lain yang berbeda-beda. Dari itu cintai kebudayaan Indonesia dengan langkah terbaik dan bermanfaat bagi kita semuanya. Dan menghargai perbedaan yang ada. Memaknai perbedaan yang kental dan umum di masyarakat luas. Dan juga saling mendukung antar budaya di daerah setempat. Dan menjaga kebudayaan dari bangsa asing yang merusak kebudayaan asli di Indonesia. Aku Cinta Indonesia seperti slogan di iklan televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar